Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang benjolan kecil yang
Anda lihat di trotoar tepat sebelum Anda sampai ke persimpangan? Orang-orang di
industri jasa arsitek / teknik /
konstruksi menyebut mereka kubah terpotong, dan mereka ada di sana karena suatu
alasan: ketika mereka yang memiliki gangguan penglihatan merasakan tonjolan di
kaki mereka, mereka tahu jalan sudah dekat.
Jika Anda seorang komuter kereta api, Anda juga akan
menemukan tonjolan di strip peringatan dua kaki di kedua sisi trek. Ini
hanyalah salah satu dari banyak tindakan yang membantu membuat stasiun kereta
menjadi aman dan bermanuver sebaik mungkin bagi mereka yang cacat.
Aksesibilitas memperhitungkan orang-orang yang mengalami gangguan berjalan kaki
dan mereka yang duduk di kursi roda, serta penglihatan dan gangguan
pendengaran. Desain stasiun kereta api harus memenuhi Standar ADA Departemen Transportasi
untuk Fasilitas Transportasi. Lalu ada persyaratan negara, yang dapat
menambahkan sedikit sentuhan.
Banyak orang berpikir aksesibilitas hanya tentang landai
kursi roda. Itu tidak benar. Aksesibilitas mencakup semuanya mulai dari
pendekatan ke rel kereta sampai kamar toilet di dalam stasiun. Di antara banyak
hal yang harus dipertimbangkan oleh para jasa arsitek murah adalah pegangan tangan, apa yang menempel di dinding (kami
tidak ingin orang cacat melihat apa pun), dan permukaan (misalnya, kemiringan,
jarak pandang, persyaratan pemeliharaan). Dan ada lebih banyak lagi.
Banyak orang tidak memperhatikan elemen aksesibilitas yang
ada di sekitar kita. Itu hal yang bagus. Arsitek harus berusaha merancang
stasiun kereta api yang secara inheren dapat diakses oleh semua orang tanpa
menarik perhatian pada kelompok tertentu. Kami menyebutnya "desain
universal," dan salah satu tantangan di mana sering muncul adalah
"pemisahan tingkat" dari pejalan kaki dan rel kereta api.
Idealnya, komuter tidak boleh melintasi jalur untuk sampai
ke platform. Desainer mencapai ini dengan mengirim mereka ke tingkat yang
berbeda, atau tingkat, untuk mengakses platform mereka. Paling sering,
pengalihan ini datang dalam bentuk sebuah underpass.
Komentar
Posting Komentar